Tuesday, July 29, 2008

Web Portal Dengan CMS 3 Langkah Mudah Membuat

Berikut 3 Langkah Mudah Membuat Web Portal Dengan CMS tanpa biaya


1. Memilih Software CMS yang gratis (www.mag-corp.com)

Bermacam-macam cara untuk membuat suatu web portal, salah satunya Anda bisa gunakan CMS (content management System). Dengan CMS anda dapat membuat website lengkap dengan mudah dan cepat. CMS ada yang open source (kode sumbernya diberikan secara gratis) dan ada yang commercial (kode sumbernya harus dibeli).

Biasanya CMS yang open soure juga menggunakan server web programing yang gratis. CMS yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan adalah PHP-Nuke dan Joomla. Kabar baiknya, orang indonesia telah membuat software CMS yang di berikan secara gratis bagi siapa saja yang ingin membuat web portal dengan CMS. Software CMS tersebut di beri nama AuraCMS, yang bisa Anda donwload secara gratis.

2. Memilih Domain Gratis

Setelah Anda yakin ingin menggunakan AuraCMS untuk membangun web portal Anda, lahkah selanjutnya Anda harus mempunyai sebuah domain terlebih dahulu. Tips memilih nama domain pun telah di tuliskan oleh Mas Agus Ramadhani disini. Jika Anda ingin yang gratis untuk nama domain website Anda, bisa Anda gunakan domain co.cc.

Tentunya Anda harus mendaftar telibih dahulu untuk menggunakan domain co.cc. Silahkan Anda klik disini untuk segera meluncur ke website tersebut. Berita menariknya domain co.cc ini telah support dengan bahasa indonesia, jadi Anda yang bahasa inggrisnya glepotan seperti saya tidak perlu kwatir menjalankan instruksi-instrusi yang di berikanya pada saat pendaftaran.

3. Memilih Hosting Gratis

Kemudian setelah Anda mempunyai Software CMS untuk web portal dan domain co.cc, telah Anda pilih untuk di jadikan alamat website Anda, langkah terahir Anda memilih hosting. Seperti yang saya katakan di atas, bahwa di dunia maya ini juga banyak baget yang menyediakan layanan hosting gratis. Namun apabila Anda ingin menggukan hosting yang berbayar bisa Anda gunakan www.rumahweb.com dan lagi-lagi Mas Agus Ramadhani (Oom) telah menuliskanya tips memilih hosting yang di jabarkan secara detail untuk melihatnya silahkan klik disini.

Apabila Anda masih sayang dengan uang Anda untuk membeli hosting! coba anda gunakan layanan hosting gratis 000webhost. Hosting gratis dengan space 250 MB ini, cocok untuk menampung software AuraCMS seperti yang telah saya sebutkan di atas. Hosting gratis ini mempunyai banyak fitur-fitur yang cukup menarik di antaranya adalah 250 MB of disk space, 100 GB of data transfer, support PHP and MySQL, cPanel control panel, FTP Exsternal dan masih banyak lagi fitur-fitur lainya. Jadi tunggu apa lagi silahkan Anda klik disni untuk langsung menggunakan webhosting gratis tersebut untuk web portal Anda.

Selamat mencoba untuk membuat web portal tanpa biaya, dengan 3 langkah yang saya sebutkan di atas. Lalu bagaimana untuk mengimplementasikanya dari ke 3 Langkah mudah membuat web portal tanpa biaya tersebut? Lain kali saya akan menuliskanya step-by-step dari ketiga lagkah tersebut.

3 comments:

Information Technology Blog said...

nice posting mas..mari sukseskan IGOS..:D
thanks

Jemiro said...

:) wwah, saya sih masih pakai Jomla dan WP hehehe

bakeshoppe said...

There's no doubt that included commentators are probably right, That's very good, maintain it right up I am having a look to get your entire next one blog! west africa gold exploration